Kamis, 11 September 2014

Tak Kenal Maka Tak Sayang. Maka Kenalilah Takabonerate, Kunjungi dan Nikmati Keindahannya!

Takabonerate. Menyebutkannya saja sudah sukup sulit untuk dilakukan, apalagi mengunjunginya yang bahkan tempatnya saja tidak saya ketahui. Berawal dari rasa penasaran, saya pun bergerak untuk mencari tahu mengenai apa dan bagaimana Takabonerate ini. Saya begitu kaget begitu mengetahui kalau lebih dari 80ribu hasil pencarian setiap 0,37 detik terkait Takabonerate ini, wajah saya bahkan sangat malu saat mengetahui kalau ternyata Takabonerate merupakan salah satu wisata laut di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan yang ternyata sebuah Kabupaten yang bertetangga dengan tempat tinggal saya, Kabupaten Bulukumba. Ah, begitu tertinggalnya saya. Di saat puluhan ribu orang asing diluar sana sudah tahu mengenai tempat ini sedangkan saya yang begitu dekat dengan tempat ini malah baru mau mencari tahu saking tertinggalnya. Ribuan turis mancanegara dan turis lokal diluar Sulawesi bahkan jauh-jauh mengunjungi tempat ini, sedangkan saya nasib baik mengunjungi, sekedar tahu saja sudah bersyukur.
*****
Cerita diatas terjadi beberapa tahun yang lalu, saat saya masih berada dibangku SMA. Beberapa bulan setelah kejadian tersebut saya mendapat kesempatan berharga untuk mengunjungi langsung wisata laut Takabonerate. Sungguh benar adanya, opini puluhan traveler dan blogger yang menjuluki tempat ini sebagai surga lautnya Indonesia memang opini yang faktual dan nyata. Takabonerate, taman nasional yang memiliki pulau karang (atol) lebih dari 22ribu hektar merupakan pulau karang terluas ketiga di dunia setelah kepulauan Marshall dan Maladewa. Taman nasional ini memiliki ratusan jenis terumbu karang dan spesies ikan cantik didunia. Bukan hanya itu, taman laut ini memiliki gugusan gosong karang dan rataan terumbu karang yang sebagian menyembul dari bawah laut, bahkan ketika air laut surut kita dapat melihat cekungan daratan kecil yang akan membentuk gugusan pulau karang yang indah. 

Takabonerate via Satelit (Sumber: google)
 Takabonerate dengan gugusan pulau berjumlah 123 buah menarik minat wisatawan dunia dengan kehadirannya sebagai salah satu dari bagian Segitiga Terumbu Karang Dunia. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, Pemerintah Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Selayar menyelenggarakan Takabonerate Island Expedition setiap tahunnya untuk menarik minat pengungjung yang lebih banyak. Berbagai pertunjukan bahari, tarian tradisional, perlombaan mancing dan berbagai kegiatan konservasi laut diselenggarakan untuk menyemarakkan acara ini. 
Diving di Takabonerate (sumber: http://www.festivaltakabonerate.com)
Salah satu hal unik yang saya rasakan saat berkunjung ke Takabonerate adalah keramahan masyarakat setempat. Mengingat tingginya jumlah wisatawan saat festival dilaksanakan maka wisatawan juga bisa meminta bantuan masyarakat setempat untuk menginap beberapa hari ditempat mereka.  Masyarakat Takabonerate sangat ramah dan menyambut baik setiap tamu yang datang, sifat mereka yang terbuka dan mudah bergaul juga membuat tamu merasa aman dan nyaman seperti dirumah sendiri. Rasanya sangat iri dengan masyarakat yang tinggal di kepulauan Takabonerate ini. Mereka yang tinggal di pulau-pulau berpasir putih, lautan yang jernih, langit biru, makanan laut yang nikmat, angin sepoi-sepoi dan lingkungan yang tentram. Bahagia sekali rasanya bisa berkunjung disalah satu destinasi kebanggaan masyarakat Sulawesi ini, keindahan dan kebahagiaannya belum bisa terlupakan. Bersyukur sekali Tuhan memberi saya kesempatan untuk mengenal, mengunjungi dan menimati keindahan Takabonerate, dan terima kasih atas rasa penasaran ini yang mengantarkan saya dari yang sebelumnya tak tahu menjadi kenal. Sebab tak kenal maka tak sayang kawan! Mau tau tempat wisata indah lainnya di Pulau Sulawesi? Ayo kunjungi Traveling Celebes.
 
Pulau Tinabo, salah satu gugusan pulau Takabonerate (Sumber:http://tntakabonerate.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar